Ragam

Takut ke Dokter Gigi?

Mengalami sakit pasti sudah banyak orang mengalaminya, tak hanya orang dewasa tapi juga anak-anak. Sejak masih anak-anak hingga dewasa memiliki dentofobia, yaitu ketakutan kepada gigi, bahkan tidak sedikit anak kecil yang mulai panik dan menangis begitu memasuki klinik gigi. Hal ini sebetulnya bukan tidak beralasan, karena bisa jadi mereka ketakutan mendengar suara melengking yang dihasilkan oleh bor gigi.

Bor gigi itu sendiri sebetulnya adalah alat yang dipakai untuk membuang bagian gigi yang sudah busuk dan rusak, sebelum mengisi lubang yang ditinggalkan dengan filling tambalan. Saat digunakan alat ini bisa bergerak sampai kecepatan 500mph, pergerakan yang cepat inilah yang menimbulkan suara melengking yang ditakuti anak-anak, dan bisa menimbulkan ‘trauma’ tersendiri, bahkan untuk orang dewasa bukan hanya suara bor yang bisa membuat mereka tidak merasa nyaman untuk melakukan pengeboran gigi, anastesi yang dilakukan sebelum proses pengeboran juga bisa membuat orang dewasa malas untuk sering berkunjung ke .

Kecanggihan saat ini mungkin akan bisa menghilangkan ketakutan-ketakutan untuk berkunjung ke dokter gigi. itulah yangn kini banyak dikembangkan seperti halnya sebuah proses penambalan gigi yang tidak lagi perlu melalui proses pengeboran. Beberapa ilmuwan Inggris yang berada di dalam perusahaan Reminova, yang berbasis di Perth, Skotlandia, telah menciptakan yang bisa melakukan remineralisasi email gigi untuk memperbaiki pembusukan gigi tanpa rasa sakit.

Salah satu ahli gigi di King College London bernama Rebecca Moazzez berkata, “Selama ini kita mengenal proses ‘tradisional’ dalam mengatasi lubang di gigi, yaitu pengeboran dan mengisinya dengan tambalan. Satu hal yang menjadi masalah adalah tambalan ini tidak bersifat permanen, sehingga pasien harus sering kali kembali ke dokter gigi untuk melakukan penambalan ulang.”

Teknologi yang dimiliki oleh Reminova bisa membuat proses remineralisasi menjadi lebih cepat, yaitu dengan menggerakkan kalsium dan mineral fosfat yang sehat ke dalam enamel gigi, setelah itu secara alami kalsium dan mineral fosfat akan mengikat dan menambah enamel yang ada dan diharapkan tidak berkembang ke proses penambalan gigi.

Walaupun teknologi remineralisasi email pengganti bor gigi ini terdengar sudah canggih dan tidak sakit, proses ini tetap tidak bisa mengganti perawatan yang dilakukan oleh menyikat gigi dan pembersihan secara teratur untuk senantiasa menjaga Anda. Bagaimana menurut anda, masih takut untuk ke dokter gigi?

Sumber: Britannica, CNN.com