/Dukung 2030 Bebas Karies Rekor Baru 3000 Senyum Anak Indonesia

Dukung 2030 Bebas Karies Rekor Baru 3000 Senyum Anak Indonesia

Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013, terdapat sebanyak 72,3 persen penduduk Indonesia mengalami karies gigi, sehingga hal tersebut menjadikan penyakit gigi dan mulut menduduki urutan pertama dengan angka prevalensi sebesar 61 persen, serta menempati posisi keenam sebagai penyakit paling dikhawatirkan di Indonesia. Lebih jauh lagi, Kementerian Kesehatan Indonesia juga mengumumkan bahwa 89 persen anak-anak dengan usia di bawah 12 tahun di Indonesia mengalami karies gigi. Prevalensi karies pada anak Indonesia yang terbilang cukup tinggi tersebut, menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi pemerintah untuk melihat kualitas kesehatan generasi mendatang. Tahun 2030 Indonesia bebas karies, termasuk salah satu program pemerintah yang tercipta demi kesehatan gigi anak bangsa. Banyak pihak yang sudah turut serta membantu dan ikut menggalakkan program tersebut demi terciptanya generasi muda yang tangguh dan sehat.

3M Indonesia sebagai sponsor utama, bekerja sama dengan Cobra Dental dan Pemerintah Kota Denpasar serta Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Mahasaraswati mengundang 326 dokter gigi dari seluruh Indonesia, untuk melakukan treatment preventif pencegahan karies dengan mengaplikasikan produk topikal fluor (Clinpro White Varnish 3M) kepada 3059 anak. Acara tersebut meupakan pemecahan rekor sebelumnya yang pernah diadakan acara serupa di Kota Batu Malang, namun dengan jumlah anak yang berbeda, dari 2000 anak menjadi 3059 anak.

Acara yang diadakan di GOR I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai  pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak usia dini, serta mendukung program pemerintah “Menuju Indonesia Bebas Karies 2030”. Penyakit gigi dan mulut, terutama gigi sensitif dan karies gigi hingga saat ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan utama di kalangan masyarakat Indonesia.

Men Jung Tjoe, Business Director Health Care PT 3M Indonesia mengatakan “Program 3000 Senyum Anak Indonesia merupakan bagian dari komitmen kami untuk secara aktif berpartisipasi dalam meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik sejak usia dini. Hal ini sejalan dengan salah satu visi perusahaan kami untuk meningkatkan kualitas hidup (3M Innovation Improving Every Life).”

Pemecahan rekor MURI dengan tajuk “Pemeriksaan Karies Gigi dan Penggunaan Fluoride Topikal pada Siswa Terbanyak” diresmikan oleh Perwakilan Walikota Denpasar dan para peserta. Rangkaian acara ini dimulai dengan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di masing-masing sekolah sejak awal bulan Juli 2017, dan dilanjutkan dengan aplikasi fluoride topikal (Clinpro White Varnish 3M)

Men Jung Tjoe menegaskan, “Melalui program CSR ini, kami berharap dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat Indonesia melalui penggunaan produk Clinpro™ White Varnish sebagai tindakan pencegahan karies gigi. Bersama dengan 300 dokter gigi dari seluruh Indonesia, dukungan dari Pemerintah Kota Denpasar dan FKG Universitas Mahasaraswati, 3M terus berupaya melakukan edukasi kepada anak-anak berusia di bawah 12 tahun yang merupakan jumlah penderita karies tertinggi di Indonesia.”

Pada kesempatan yang bersamaan, Dr. drg. Dewa Made Wedagama, SpKG, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati mengungkapkan, “Kami menyambut baik inisiatif 3M Indonesia dalam memberikan dukungan berupa penyuluhan  kesehatan gigi dan mulut dan aplikasi fluoride topikal kepada anak-anak sekolah dasar di Denpasar. Inisiatif ini sejalan dengan dharma ke tiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu mengabdi kepada masyarakat, dengan mengamalkan hasil pendidikan guna meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Bersama 3M, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama anak-anak, tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah karies gigi serta menyukseskan program pemerintah ‘Menuju Indonesia Bebas Karies 2030’.”

Lebih lanjut, Ketut Puspa Ganda Susila, Business Manager Oral Care Solution, PT 3M Indonesia mengungkapkan, “Melalui Program 3.000 Senyum Anak Indonesia, kami berharap anak-anak dapat merasakan secara langsung manfaat penggunaan Clinpro™ White Varnish yang memiliki formula optimal dengan kandungan fluoride, kalsium, serta fosfat dengan rasa melon yang disukai oleh anak-anak. Kandungan sodium fluoride dalam Clinpro™ White Varnish terbukti efektif merawat gigi sensitif, bahkan hipersensitif. Sedangkan kandungan tri-calcium phosphate mampu mengembalikan mineral gigi sekaligus memaksimalkan penyerapan fluoride pada gigi. Aplikasi Clinpro™ White Varnish sangat mudah dilakukan dan mampu melindungi kesehatan gigi hingga enam bulan.”

Kegiatan yang disponsori oleh 3M dan Cobra Dental dengan Program 3.000 Senyum Anak Indonesia ini menjadi puncak program rangkaian 1.000 edukasi (1.000 education series), yakni sebuah program edukasi yang diadakan oleh 3M bagi para dokter gigi di Indonesia, yang meliputi kegiatan penyuluhan, simposium, hingga workshop. Program ini juga menjadi bukti komitmen berkelanjutan 3M untuk terus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesehatan serta kualitas hidup masyarakat