/Ilmuwan Muda Kembangkan Lampu Operasi Gigi yang Lebih Baik

Ilmuwan Muda Kembangkan Lampu Operasi Gigi yang Lebih Baik

Jugend Forscht adalah kompetisi pemuda Jerman yang mendorong dan mendukung siswa berprestasi di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika. Ini bertujuan untuk menginspirasi kaum muda mengejar karir di bidang tersebut. Tahun ini, tiga mahasiswa kedokteran gigi mendapat hadiah pertama untuk lampu hasil karya mereka yang mencegah pengerasan dini bahan restorasi.

Untuk menerapkan lapisan komposit yang disinar secara akurat, mulut pasien harus diterangi dengan baik, misalnya dengan cahaya dari Light-Emitting Diodes (LED) yang ada pada rata-rata lampu operasi gigi. Namun, cahaya ini membuat material di permukaan sulit terbentuk dan rapuh setelah 1-2 menit, hal ini menjadi masalah jika ingin membuat hasil yang tahan lama dan bermutu tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, Albrecht von Bülow, Flavio Krug dan Saeed Mohamad dari Marburg di Jerman mengembangkan sebuah lampu dengan LED kuning dan turquoise yang memancarkan cahaya yang tampak putih ke mata manusia, namun memberikan waktu pemrosesan lebih lama untuk komposit.

Proyek ini diberi nama “Stress-free placement of composite fillings—It’s all a question of lighting”, tim tersebut memenangkan hadiah Jugend Forscht dalam kategori Work Environment. Saat menjelaskan keputusan mereka, dewan juri mengatakan bahwa mereka sangat terkesan dengan prosedur sistematis, uji awal yang ekstensif dan penerapan awal yang berhasil. Panel menyampaikan harapan terbaik mereka kepada para peneliti muda untuk sukses dalam pengembangan lebih lanjut proyek mereka.

Tim peneliti diawasi oleh Prof. Michael Gente dari Universitas Marburg. Sejak 2009, dia telah secara teratur mendukung siswa di departemen propaedeutika gigi dan prostetik maxillofacial yang ambil bagian dalam Jugend Forscht. Dia menjelaskan bahwa kontes tersebut memberi kesempatan kepada siswa semester pertama untuk terbiasa dengan penelitian dan mempresentasikan hasil karya mereka kepada dewan juri. “Kesuksesan saat ini adalah hasil kolaborasi sempurna dari tim yang tekun dan terampil,” puji Gente dengan tepuk tangan.

http://www.dental-tribune.com/articles/news/europe/36127_young_scientists_develop_improved_dental_operating_light_.html