/Kolaborasi Cobra Dental dan RSGM UGM Dalam Pengadaan Pasien ko-ass

Kolaborasi Cobra Dental dan RSGM UGM Dalam Pengadaan Pasien ko-ass

“Kamu mau jadi pasien aku buat praktik koas nggak? Mau ya..mau ya pliisss”, mungkin itu adalah penggalan percakapan yang sering dilakukan oleh mahasiswa koas di kedokteran. Salah satu problem yang dihadapi hampir seluruh institusi pendidikan dokter gigi di Indonesia saat ini adalah semakin sulit mendapatkan pasien untuk pembelajaran klinik para mahasiswa jenjang profesi (ko-ass). Salah satu faktornya adalah jangkauan layanan BPJS yang semakin luas, sehingga pasien lebih memilih dilayani di Puskesmas atau Rumah Sakit dengan fasilitas BPJS.

Mencari pasien untuk calon dokter gigi sudah sering ditemui oleh mahasiswa dan perlu ekstra kerja keras untuk mencari calon pasien yang mau diperiksa dalam rangka pembelajaran klinik. Kesulitan-kesulitan dalam mencari pasien pastinya dialami oleh semua calon dokter gigi dan bahkan berbagai cara akan mereka tempuh untuk mendapatkan pasien. Seperti sekarang ini di era yang serba cepat, banyak mahasiswa yang mencari pasien lewat media sosial seperti FB, Twitter, Path dan lain-lain untuk menjaring pasien. Bahkan tak jarang mungkin ada mahasiswa yang keliling komplek rumahnya untuk membujuk tetangganya agar mau menjadi pasien praktiknya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Fakultas Kedokteran Gigi UGM melakukan terobosan dengan menggandeng pihak swasta dalam hal pengadaaan pasien ko-ass sekaligus pembiayaannya. Sebagai langkah awal dilakukan kolaborasi dengan PT Cobra Dental Indonesia, salah satu suplier alat dan bahan kedokteran gigi, yakni berupa bantuan pembiayaan bagi 300 pasien yang dirawat oleh para calon dokter gigi (ko-ass) di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UGM Prof Soedomo, Yogyakarta.

Menurut Dekan FKG UGM, Dr. drg. Ahmad Syaify, Sp. Perio (K), kolaborasi tersebut menguntungkan kedua pihak, baik penyandang dana dari pihak swasta maupun FKG UGM. Bagi pihak swasta, hal ini  merupakan bentuk perhatian terhadap para karyawan dan keluarganya serta masyarakat sekitar dengan mengirimkan mereka ke RSGM untuk mendapatkan fasilitas layanan  terbaik. Sementara, bagi FKG UGM, akan sangat terbantu dalam hal pengadaan pasien guna proses pembelajaran para calon dokter gigi.

Kerja sama antara FKG UGM dan Cobra Dental ini disambut baik dengan banyaknya karyawan yang datang ke RSGM UGM untuk berpartisipasi dalam pemeriksaan gigi tersebut.

“Pola kerja sama semacam ini dapat dikembangkan dan diperluas jangkauannya dengan pihak-pihak lain,” ujar Syaify  dalam kick–off pelaksanaan kerja sama FKG UGM dengan PT Cobra Dental Indonesia, Selasa (29/8/2017) di Kampus FKG UGM.

Direktur Utama PT Cobra Dental Indonesia, Adi Pranoto, menyambut baik ajakan FKG UGM dan berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di waktu mendatang.