/Membantu Warga Gunung Kidul, TNI Bantu Pengobatan Gratis

Membantu Warga Gunung Kidul, TNI Bantu Pengobatan Gratis

Lebih dari 6.000 warga Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta mendapatkan fasilitas kesehatan berupa pengobatan gratis dalam rangka bhakti sosial dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jum’at, (23/3/2018) lalu.

  

Kegiatan yang berlangsung  merupakan rangkaian kegiatan TNI operasi militer non perang dan napak tilas rute gerilya Panglima Jenderal Sudirman. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berkesempatan meninjau langsung kegiatan baksos yang dipusatkan di Lapangan Desa Bedoyo itu.

Kegiatan tersebut terselenggara pasca adanya arahan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada saat memberikan pidato dalam Jam Komandan di Akademi Militer TNI pada tanggal 19 Maret 2018 lalu kepada para taruna Akmil dan siswa PaPK TNI.

  

“Ternyata amanat saya diwujudkan dalam bentuk baksos ini. Sangat bagus dan TNI banyak melakukan kegiatan, seperti sekarang ini kegiatan kemanusiaan bagian dari operasi militer selain perang. Sehingga kita masuk ke wilayah-wilayah yang membutuhkan dan sebentar lagi masuk ke wilayah Sorong Selatan dimana kondisi sosialnya sama dengan Asmat. Termasuk wilayah lain tidak menutup kemungkinan seperti di Desa Bedoyo ini ternyata masih banyak masyarakat yang membutuhkan,” papar jenderal bintang empat tersebut.

“Kegiatan juga merupakan rangakain hari ulang tahun ke 52 Dharma Pertiwi. Ini menjadi bukti TNI hadir ditengah masyarakat,” kata Panglima TNI Hadi Tjahjanto disela-sela peninjauan.

Baksos layanan kesehatan tersebut juga sebagai media mendekatkan taruna tingkat satu, akademi TNI yang sedang melakukan napak tilas rute gerilya Jenderal Sudirman. Selain dari TNI tenaga kesehatan yang dilibatkan berasal dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Ada beberapa layanan kesehatan yang diberikan dalam kegiatan itu diantaranya pengobatan umum, pengobatan gigi, khitanan massal, pengobatan spesialistik, pemberian kacamata, pemberian alat bantu dengar, pembagian kursi roda, penyuluhan narkoba, penyuluhan gigi dan cara cuci tangan yang benar, donor darah, IVA test dan lunca serviks, operasi katarak, operasi bibir sumbing, vaksinasi difteri, pemberian KB, dan pemberian kaki palsu.

  

  

Cobra dental turut memeriahkan acara tersebut dengan menghadirkan mobil CSR guna membantu pemeriksaan gigi kepada warga sekitar.